Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pipa Air Patah? Begini Cara Menyambungkannya!

Pipa saluran air di rumah patah? Tenang, tak usah khawatir, Anda bisa menerapkan beberapa cara ini untuk menyambungkan kembali pipa yang patah. Tentu saja, cara penyambungannya sangat mudah, terlebih ada lem pipa yang akan semakin memudahkan pekerjaan ketika menyambungkan pipa yang patah. Tak hanya kuat, menyambungkan pipa dengan alat perekat satu ini akan membuat pipanya terpasang dengan sempurna. Karena itulah, kerap digunakan untuk media penyambung pipa. 


Pipa Saluran Air Patah


Lalu, gimana caranya? Yuk, disimak penjelasannya di artikel berikut, check it out:


1. Sambung dengan pipa berukuran besar


Jika ada pipa yang patah, maka sambunglah pipa tersebut dengan pipa yang ukurannya lebih besar. Misalnya saja, jika pipa semula berukuran ½ inch maka sebaiknya gunakan pipa baru dengan ukuran ¾ inch. 


Untuk memudahkan pemasangan, gunakanlah selotip anti air ataupun lem pipa agar pipa disambungkan kembali. Menggunakan lem pipa dan selotip ini dapat menghindari terjadinya kebocoran pada pipa yang disambung. 


Menyambung Pipa yang Patah



2. Sambung dengan cara memanaskan pipa


Selain itu, metode lainnya yang bisa diterapkan adalah memanaskan salah satu ujung pipa dengan korek api, lilin, maupun pemanas lainnya. Bagaimana caranya? Pertama, panaskan ujung pipa lama hingga melentur, kemudian masukkan ujung pipa baru ke dalamnya. Setelah dipanaskan, maka dinginkan pipa tersebut dengan kain yang sudah dibasahi. 


Saran, jangan biarkan sampai keseluruhan pipa terbakar tapi cukup memanaskannya hingga pipa terlihat melentur agar lebih mudah dimasukkan pipa baru. Dan metode ini bisa diterapkan untuk pipa berbahan dasar Polyvinyl Chloride (PVC). 


Baca Juga: Pengertian Pipa Hitam, Fungsi, dan Jenisnya!


3. Sambung dengan plester khusus


Plester Khusus



Plester seperti lakban, misalnya, bisa pula dimanfaatkan untuk menyambung pipa yang patah. Caranya? Cukup dengan memberi plester pada bagian pipa yang patah, kemudian pipa pun bisa kembali digunakan untuk mengalirkan air di rumah. Namun demikian, ketika menyambung pipa yang patah tersebut, maka sebaiknya perhatikan seperti apakah pipa yang patah, besar atau kecil. 


Sebab, penangannya tentu berbeda antara pipa yang besar ataupun kecil. 


Gimana? Cukup mudah bukan menyambungkan pipa saluran air yang patah? So, mulai sekarang, jangan khawatir lagi ya jika ada pipa yang patah di rumah karena bisa disambungkan dengan beberapa cara di atas.


Semoga artikelnya bermanfaat!

Post a Comment for "Pipa Air Patah? Begini Cara Menyambungkannya!"