Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman 4 Tahun Ngeblog Menggunakan Smartphone

Pengalaman 4 Tahun Ngeblog Menggunakan Smartphone

4 Tahun Ngeblog menggunakan smartphone tidak lah waktu yang singkat banyak suka duka saat Ngeblog menggunakan smartphone. Nah kisah saya ini akan saya share di blog yang bertujuan bisa menginspirasi kalian semua untuk para Blogger pemula yang ngeblog sekarang ini.

Tentu saat ngeblog ada tujuan yang ingin didapatkan mulai dari dapatkan penghasilan dari blog, menyalurkan hobi menulis melalui blog, dan masih banyak lagi. Kalau saya sendiri ngeblog hanya untuk menyalurkan hobi menulis dan berbagi ilmu yang saya dapat selama ngeblog.

Awal Mengenal Dunia Ngeblog


Awal mengenal ngeblog adalah pada tahun 2015 saya memulai ngeblog dengan nama nauval.net dengan menggunakan Platform WordPress. Saat itu ada jasa pembuatan blog murah akhirnya saya mencoba membuat blog dan memakai jasa nya, dulu domain masih murah 100.000 rupiah aja sudah bisa mendapatkan domain exstensi .com dan 135.000 rupiah sudah dapat domain .net

Saya hanya bisa mengelola nauval.net hanya satu tahun karena tidak sempat memperpanjang domain tersebut, selain itu bentrok dengan kerja waktu itu. Pada tahun 2017 saya bertekat membuat blog lagi dengan nama ivhaa.net yang masih aktif hingga sekarang dan di beli teman saya sendiri yaitu mas Joko Yugianto

Ivhaa.net ini saya posting menggunakan smartphone, kalau ivhaa.net ini saya sudah menggunakan smartphone Oppo A37. Jadi bisa lebih optimal untuk kelola blog sedangkan pada nauval.net itu saya masih menggunakan smartphone Asus jadi sangat sulit mengelola blog itupun harus kewarnet untuk posting sebuah artikel.


Mencoba Membeli Tema Premium Dari Kompi Ajaib

Tentu sudah tidak asing lagi dengan blog kompiajaib.com yang onswer nya adalah Adhy Suryadi. Karena pada saat itu kalau Template AMP bisa membuat artikel menjadi Page one akhirnya saya membeli template tersebut dengan harga 200.000 rupiah dengan sistem transfer.

Syukur alhamdulillah Mas Adhy bisa mengerti saya transfer dua kali yaitu 100.000 rupiah tapi walaupun begitu template bisa langsung di kasih sama beliau di tambah lagi di bantu untuk setting kan karena saya bilang ke Mas Adhy kalau saya tidak memiliki PC atau Laptop untuk setting kode HTML nya.

Mengenal Bagus Surochman Dengan Cara Yang Unik

Teman yang saya kenal menjadi seorang Blogger adalah Bagus Surochman beliau adalah blogger asal Blitar. Awal kenal dulu saat saya meniru nama blog nya yaitu sorazone, bahkan sampai viral di grub Facebook hingga mau di take down sama admin grub tersebut.

Saya sendiri juga sadar karena sorazone ini adalah brans nya dia sampai seminggu artikel di grub itu viral karena dianggap menjiplak. Namun dengan begini dapat pelajaran kalau nama blog jangan sama dengan orang lain karena itu sudah hak cipta.

Akhirnya saya dan bagus sepakat untuk berteman dan hingga sekarang, karena blognya lama fakum kini blog baru kang bagus adalah kurazone.com, yang dimana kalian bisa belajar Ngeblog disana.

Mendapat Penghasilan Pertama dari Blog

Perlu kalian tau saya Ngeblog dulu itu tidak pernah main Google Adsense, awal mendapatkan penghasilan blog pertama saya adalah ada Job Review dari Niagahoster. Pada saat itu pagi pas bangun iseng melihat email ternyata ada dari pihak Niagahoster yang email saya kalau ingin bekerja sama dengan konten review dimana akan mendapatkan imbalan.

Saat itu saya tidak menyangka sama sekali kalau kalau blog saya bisa mendapatkan job padahal umur blog belum sampai setahun. Akhirnya saya iyakan job tersebut dan saya ingin imbalan dengan tambahan perpanjangan domain saya selama 2 tahun.

Akhirnya setelah saya kerjakan dan di setuju oleh pihak Niagahoster akhirnya blog saya dapat perpanjangan selama dua tahun karena pada saat itu saya belum memiliki rekening bank dan belum buat.

Sempat Fakum Ngeblog Selama 1 Tahun

Setelah berhenti bekerja bingung mau di bawa kemana blog ivhaa.net ini. Karena mau kelola blog juga tidak ada kuota mau posting juga mentok tidak ada ide sama sekali, hampir ada fikiran untuk menjual blog ini tapi itu saya urungkan karena saya masih yakin untuk bisa melanjutkan blog ini.

Saya berhenti bekerja pada saat umur blog ivhaa.net ini mau berusia dua tahun, karena saya terlena karena blog sudah mendapatkan penghasilan dan pengunjung nya hampir seribu perhari. Akhirnya saya setahun tidak di posting sama sekali karena sibuk juga di dunia nyata, dengan tidak di kelola begitu lama akhirnya blog tersebut anjlok visitor nya.

Kenal Lebih Banyak Teman Setelah Ini

Setelah lama tidak kelola blog ivhaa.net akhirnya blog ini saya lepas ke orang lain dan harus merelakan blog tersebut di pegang orang lain. Pada tahun 2019 blog ivhaa.net di beli oleh mas Joko Yugianto dan aktif sampai sekarang, dari mas Joko lah yang sampai sekarang ini support saya Ngeblog kalau tidak setengah - setengah.

Tapi sebelum nya saya mengenal Mas Halfi Candra seorang Blogger Kediri sedang kan mas Joko ini adalah Blogger Yogyakarta dengan nama blog nya kanaljogja.id.

Banyak sekali teman blogger yang saya kenal mungkin disini tidak bisa sebut satu persatu tapi terimakasih atas support nya juga untuk blog ini agar bisa berkembang.

Tidak Pernah Daftar Google Adsense Sama Sekali

Selama saya ngeblog tidak pernah mendaftar blog saya ke Google Adsense, entah kenapa saya tidak minat sekali untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense, jujur aja dulu saya takut daftar Google Adsense karena ketolak karena saya pernah daftar adsense sudah ditolak selama dua kali oleh karena itu saya seperti shock untuk daftarkan lagi.

Bahkan hingga sekarang saya belum pernah gajian dari Google Adsense, kebanyakan pendapatan dari blog adalah review job dari blog orang atau artikel review lainnya.

Siapa Inspirasi Ngeblog Saya

Tentu setiap blogger inspirasi yang membuat ingin Ngeblog, blogger inspirasi saya adalah kangismet beliau adalah orang yang membuat saya ingin tetap Ngeblog hingga saat itu.



Kangismet ini Ngeblog dengan berbagi ilmu untuk Blogger pemula bahkan beliau tidak pernah pasang iklan adsense sama sekali di blog nya. Kang ismet ini blogger sejak tahun 2008 dan blog beliau tidak aktif lagi pada tahun 2017. Pada blog kangismet ini membahas tentang koding atau oprek template Blogger.

Nama kangismet ini sudah tidak asing lagi bagi para Blogger pemula pada angkatan 2017 karena artikel beliau selalu Page one di google. Jadi beliau inspirasi Ngeblog ku dulu hingga sekarang, dari dia juga saya bisa belajar kalau Ngeblog tidak tentang mendapatkan uang tetapi bisa berbagi ilmu.

Itulah mungkin kisah saya Ngeblog menggunakan smartphone hingga saat ini semoga bisa mengiinspirasi kalian semua.

2 comments for "Pengalaman 4 Tahun Ngeblog Menggunakan Smartphone"

  1. Menurutkan salah satu konten yang berkualitas adalah seperti ini, menceritakan pengalaman apa adanya yang bermanfaat bagi pembaca sebagai motivasi dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  2. Sukses ya mas, sekalipun penuh dengan perjuangannya insya Allah kerja kerasnya akan tergantikan suatu saat nanti. Alhamdulillah saya juga udah ngeblog 9 tahun dari 2011 awal ingin brandingkan usaha dan alhamdulilah sekarang udah terasa hasilnya ya ternyata ngeblog harus berani berjuang toh nanti hasil akan berdatangan dengan sendirinya. Setelah ilmunya kita pahami sehingga bisa menjalankan blog dengan baik. Semangat terus ya jangan patah semangat.

    ReplyDelete